BREAKING NEWS

Senin, 07 September 2009

Tips Ketika Gempa Bumi

http://dvice.com/pics/earthquake.jpg

Tips ketika Gempa bumi ini mungkin berguna bagi anda, seperti yang kita tahu, kemarin Jawa barat mengalami gempa tektonik 7,3 skala richter! Pusatnya berada di Tasikmalaya. Dan getarannya terasa di sebagian besar pulau jawa, tapi semoga aja Gempa bumi ini gak terjadi lagi, karena memakan banyak korban, baik korban jiwa ataupun harta benda...

Untuk itu sebaiknya kita memperhatikan hal-hal penting yang terkait gempa. Berikut beberapa hal yang harus dipahami soal gempa dari Badan Meterologi dan Geofisika.
  1. Kunci utama itu antara lain mengenali apa yang disebut gempa bumi. Selain itu, memastikan struktur dan letak rumah atau bangunan dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan gempa.
  2. Mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan anda agar terhindar bahaya gempa bumi Langkah lainnya adalah mengenali lingkungan tempat bekerja dan tinggal. Misalnya, memperhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat, apabila terjadi gempa bumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung.
  3. Belajar melakukan P3K dan menggunakan alat pemadam kebakaran. Dan tak lupa mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.
  4. Persiapkan keadaan rumah agar dapat meminimalkan akibat gempa. Contohnya, perabotan seperti lemari ataupun kabinet diatur menempel pada dinding dengan cara dipaku atau diikat. Cara ini untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempa.
  5. Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah, agar terhindar dari kebakaran. Selalu mematikan air, gas dan listrik apa bila sedang tidak digunakan.
  6. Mengatur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempa.
Dan, dibawah ini adalah Tips ketika gempa bumi yang bisa dijadikan pegangan bila tiba-tiba ada gempa bumi





Share this:

4 komentar :

  1. wah mantap sob, penting hal kayak gini

    BalasHapus
  2. aduh sob kalo menyimpan barang pada no 5 wah gimana ya kalo dah panik duluan yang paling penting menurut ku dompet, ijazah sama laptop :D

    BalasHapus
  3. pembangunan rumah2 anti gempa sepertinya harus segera di glakana

    BalasHapus

selamat berkomentar, Bebas..... asal sopan....

 
Copyright © 2014 I'm Blogger, Facebooker and Kaskuser.... Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates