BREAKING NEWS

Senin, 04 Maret 2013

Pemkab OKU Timur Kembangkan Kakao




MARTAPURA – Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten OKU Timur akan melakukan pengembangan komoditi Kakao (cokelat, red) di Kabupaten OKU Timur.

Tanaman kakao belum menjadi komoditi unggulan masyarakat karena kebanyakan masyarakat masih mengutamakan tanaman karet dibandingkan kakao yang sebenarnya memiliki prospek tidak jauh berbeda dengan tanaman karet.



Hal itu diungkapkan Kadishutbun OKU Timur Indra Barlian melalui Kepala Bidang Kelembangaan dan Usaha, M Husin, Selasa (20/11/2012).

Menurut Husin, tanaman kakao yang sudah tersebar di Kabupaten OKU Timur saat ini berjumlah sekitar 758 hekatre (Ha) dengan rincian 424 HA, tanaman sudah menghasilkan dan 334 Ha belum menghasilkan.

“Untuk wilayah OKU Timur ini, masyarakat yang sudah membudidayakan tanaman kako di Kecamatan Jayapura dan Kecamatan Bunga Mayang. Kita sangat menyayangkan karena masyarakat belum menjadikannya sebagai tanaman andalan. Sebagian masyarakat hanya menanam kakao di pekarangan saja. Bibit yang petani gunakan juga masih varitas klonal lokal,” katanya.

Pemerintah, lanjut Husin, berencana untuk melakukan penanaman kakao sebanyak 75 ribu batang pada tahun 2013 mendatang.

Sementara saat selama tahun 2012, pemerintah sudah menanam 65 ribu batang kakao yang tersebar diseluruh kecamatan yang ada di OKU Timur.

Penulis : Evan Hendra
Editor : Sudarwan

Share this:

1 komentar :

  1. thanks for information, are you from south sumatera indonesia?

    BalasHapus

selamat berkomentar, Bebas..... asal sopan....

 
Copyright © 2014 I'm Blogger, Facebooker and Kaskuser.... Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates